Desi Oktoriana

Menyukai tulis-menulis sejak di bangku SD. Namun, baru beberapa tahun terakhir dikembangkan lebih jauh. Saat ini menetap di Bandung berprofesi sebagai gu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tip Membaca Cepat
Cinta Baca (Dokpri)

Tip Membaca Cepat

Bagi Anda yang lahir tahun tujuh puluhan pasti mengenal buku yang mengangkat tokoh Budi. Buku tersebut adalah bacaan yang wajib bagi anak kelas satu sekolah dasar. Kata-kata ini Budi, ini ibu Budi dan ini Wati serta Wati kakak Budi adalah kata yang tertera dalam buku itu dan bisa jadi merupakan kenangan yang sukar dilupakan. Masih terbayang ramainya kelas saat secara serempak anak-anak mengeja bacaan yang sama dengan suara nyaring.

Saat ini kegiatan membaca lima belas menit sebelum pelajaran dimulai menjadi sebuah kegiatan yang diwajibkan di setiap sekolah oleh Menteri Pendidikan Anies Baswedan dan dicanangkan dalam gerakan literasi sekolah (GLS).

Dalam kegiatan GLS, anak sekolah diwajibkan untuk membaca berbagai cerita menarik selain buku pelajaran tanpa membaca keras-keras. Membaca senyap atau dikenal dengan membaca dalam hati ternyata bisa mempercepat kecepatan baca seseorang.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan kecepatan transfer informasi yang tinggi, kebutuhan membaca cepat dengan tingkat pemahaman yang tinggi sangatlah diperlukan. Banyak kebiasaan-kebiasaan membaca yang harus ditinggalkan agar tidak menghambat kecepatan membaca Anda.

Kebiasaan buruk yang harus diperbaiki saat membaca antara lain; membaca bersuara atau melafalkan kata dengan nyaring, menunjuk jari pada bahan bacaan, menggerakkan bibir atau kepala mengikuti bacaan atau melihat kembali sebelumnya berulang kali dan melafalkan dalam batin serta pikiran kata-kata yang dibaca (subvokalisasi).

Agar kecepatan membaca kita meningkat, ada beberapa teknik yang bisa dipergunakan dalam latihan membaca. Teknik tersebut bisa meningkatkan kecepatan baca hingga beberapa ratus kata permenit atau kpm. Anak usia sekolah minimal dasar mampu membaca 200 kata permenit berbeda dengan mahasiswa yang dituntut mampu membaca lebih dari 325 kpm.

Dua teknik yang paling umum digunakan adalah teknik skimming dan scanning. Teknik skimming adalah membaca secara garis besar (sekilas) untuk mendapat gambaran umum isi buku setelah itu kemudian melacak informasi yang dibutuhkan secara lebih mendalam. Sedangkan teknik scanning adalah membaca dengan memindai bahan bacaan yang diperlukan saja. Seperti dalam sebuah buku, Anda hanya butuh informasi tentang satu hal maka bahan bacaan yang lain dilompati atau dilewati saja.

Penggunaan teknik di atas sangat tepat diterapkan apabila dalam waktu singkat Anda membutuhkan informasi yang banyak. Memerlukan latihan yang cukup agar terbiasa menggunakan teknik skimming dan scanning karena melibatkan juga kekuatan dan kelihaian mata, pikiran juga pernafasan. Saat ini banyak dibuka sekolah atau kursus baca kilat yang bisa menggandakan kemampuan membaca berkali lipat.

Siapa sih orang tercepat membaca? Dalam Guinnes World Records tercatat pada tahun 1969 seorang anak bernama Maria Teresa F. Calderon berusia 15 tahun mampu membaca satu halaman per detik dan memahaminya dengan baik. Sampai saat ini belum ada yang mampu memecahkan rekornya. Wow!

Akan tetapi untuk pekerjaan tertentu, membaca cepat memang dihindari misalnya seorang editor buku yang mengedit halaman sebuah buku atau korektor yang mengoreksi kalimat demi kalimat bahkan setiap hurufnya harus sesuai, dibaca satu persatu dengan sangat teliti agar tidak ada kesalahan ketik atau ejaan. (Desi Oktoriana/ dari berbagai sumber)

Draft Majalah Geliat Gemilang Edisi 1 (Agustus)

Oleh: Desi Oktoriana

Bandung, 21 Agustus 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Belum Bu. Itu dia Bu Fanni, kita sangat kekurangan data yang berkaitan dengan literasi. Kalau buku-buku yang ditulis oleh guru-guru saya punya katalognya, hanya dari satu penerbit tertentu. Kalau membutuhkan bisa saya kirimkan lewat email. Salam.

21 Aug
Balas

Membaca sungguh luar biasa. Iqra .. Ok Bu

21 Aug
Balas

Betul Pak Sutanto! Membaca membuka mata dan pikiran kita. Salam.

21 Aug

Bu Desi, istilah yang benar menurut KBBI "tip" bukan "tips". Penulisan kata "anda" seharusnya "Anda".

21 Aug
Balas

Siap! Karena di Bahasa Indonesia memang tak ada penggunaan kata s yang berfungsi menunjukkan jumlah banyak atau jamak ya Pak Edi... Tadinya kalau ditulis tip saja dikira uang tip. Terima kasih sarannya... Salam.

21 Aug

Tulisan keren tentang teknik membaca cepat skimming dan scanning, saya mencoba mempraktiknya juga belum berhasil bunda. He...he...sepertinya faktor usia. Tulisan yang sudah mengingatkan tetapi saya yakin jika bersunggunh-sungguh tidak ada yang tidak mungkin, Terima kasih atas tulisannya, sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

21 Aug
Balas

Selalu Pak Mulya pandai membesarkan hati kami para penulis pemula. Perhatian yang luar biasa serta kerja keras bapak yang konsisten menulis itulah yang istimewa. Saya sempat libur beberapa hari untuk menulis sementara tulisan bapak selalu hadir di Gurusiana. Salam sukses untuk Pak Mulya semoga suatu saat Saya bisa belajar langsung dari Anda.

25 Aug

Skamming dan scanning dua teknik baca cepat. Paparan yang mantaps Bund. Sukses selalu dan barakallah fiik

21 Aug
Balas

Teknik yang harus Kita kuasai dengan ya Bunda Vi? Seabreg bacaan harus masuk ke kepala... Hehehe... Salam sukses juga buat Bunda.

21 Aug

Punya data tentang literasi buku oleh guru? Atau seberapa sering guru membaca buku di luar buku yang berhubungan dengan mapelnya?

21 Aug
Balas

Jawabannya terpisah Bu Fanni, ma'afkan...

21 Aug



search

New Post